Bupati Atbah Sudah Usulkan Perbaikan Badan Jalan di Sambas-Sajingan Yang Longsor



SAMBAS - Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengatakan, jika dirinya sudah meminta kepada pihak terkait untuk berkoordinasi mengenai longsornya Jalan poros Sambas - Sajingan.

Sebagaimana diketahui, jalan tersebut berada di bukit leter S, di Dusun Senipahan, Desa Sentaban, Jalan Poros Sambas menuju PLBN Aruk.

Atbah mengatakan dirinya sudah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk berkoordinasi mengenai longsornya Jalan poros tersebut.

"Itu jalan Nasional, sudah diperintahkan kepada PU untuk berkoordinasi dengan Balai jalan Nasional," ujarnya

Lebih lanjut ia mengatakan, dari hasil Koordinasi tersebut. Balai Jalan Nasional akan menurunkan bantuan peralatan dan bahan-bahan lainnya untuk menangani jalan longsor tersebut.

"Dan mereka akan menurunkan alat dan bahan untuk menanganinya," katanya.

Kedepan, Bupati meminta agar ada kajian teknis terkait hal tersebut. Hal ini penting, agar nantinya tidak lagi terjadi longsor di kawasan tersebut.

"Selanjutnya kita berharap agar ada kajian teknis, untuk penguat posisi tanah agar kedepan tidak lagi terjadi longsor," tutupnya.

Makan Separuh Badan Jalan

Kapolsek Sajingan Besar, Iptu Rio Charles Hutahaean membenarkan jika pada beberapa hari lalu telah terjadi longsor sehingga memakan setengah dari badan jalan.

Longsor tersebut terjadi di Jalan Raya Sambas - Sajingan Besar, yang tidak lain adalah jalan penghubung Kabupaten Sambas dengan daerah perbatasan, atau tepatnya PLBN Aruk.

Karenanya, Kapolsek Sajingan Besar Iptu Rio Charles Hutahaean menghimbau kepada masyarakat yang melintasi daerah tersebut agar berhati-hati dan waspada.

"Saya menghimbau kepada masyarakat Sambas dan Sajingan Besar, agar waspada dan berhati-hati karena terjadinya longsor di jalan liter S, Kecamatan Sajingan Besar," ujar Iptu Rio Charles Hutahaean

Kapolsek menjelaskan, jika dalam beberapa hari terakhir memang curah hujan di wilayah tersebut cukup tinggi.

"Seperti beberapa Minggu lalu memang sudah dilakukan perbaikan, karena longsor yang baru sedikit. Tapi karena curah hujan yang tinggi dan gorong-gorong yang ada di bawah bukit tidak terlalu besar," katanya.

"Akhirnya pada saat terjadi hujan, gorong-gorong tidak mampu menampung. Dan mengganggu kekuatan dari badan jalan dan terjadi longsor," jelas Iptu Rio Charles Hutahaean.

Akibat dari longsor itu, nyaris separuh dari badan jalan tergerus dan ikut longsor.

"Akibat dari tanah longsor, jadinya badan jalan yang longsor hampir mendekati garis tengah jalan," ungkapnya.

Karenanya, sementara waktu belum di perbaiki. Ia berharap agar masyarakat yang melintas bisa berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.

Dan ia pun berharap, agar nanti bisa segera di perbaiki oleh instansi terkait.

"Untuk itu kami akan melakukan koordinasi agar segera di tanggapi oleh instansi-instansi terkait," tutupnya.



Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Bupati Atbah Sudah Usulkan Perbaikan Badan Jalan di Sambas-Sajingan Yang Longsor, https://pontianak.tribunnews.com/2019/12/11/bupati-atbah-sudah-usulkan-perbaikan-badan-jalan-di-sambas-sajingan-yang-longsor?page=all.
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Jamadin

0 Komentar